Posted by : Unknown Kamis, 19 Maret 2015

Yep... komputer yang dulunya hanya sebagai alat untuk menghitung saja, makin lama makin dikembangkan menjadi multi fungsi. Kini, komputer bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti berselancar internet, bermain game, menyimpan dan melihat gambar serta video. Komputer juga berevolusi menjadi laptop. Meski laptop lebih praktis dibandingkan dengan komputer, komputer tidak akan bisa ditinggalkan dengan cepat. Komputer masih digunakan oleh banyak orang di dunia untuk mengerjakan berbagai aktivitas.

Komputer diciptakan pertama kali oleh Charles Babbage, seorang ahli matematika yang sangat hebat. Mungkin itulah sebabnya fungsi awal komputer pada zaman dulu adalah untuk menghitung. Komputer primitif memilikki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang komputer zaman sekarang.







Besar 'kan, ukurannya? Pasti komputer tersebut memilikki banyak tombol dan fungsi. Kebayang kalau mau mengerjakan tugas, tapi komputernya sebesar dan serumit ini? Hehehe...
Komputer juga sempat digunakan untuk keperluan Perang Dunia II. Tujuannya yaitu untuk mengukur jarak tembak ke arah musuh. Selain itu, masih banyak lagi tujuannya.

Melangkah ke era 1959 - 1964, bentuk komputer menjadi lebih kecil. Komputer generasi kedua ini menggunakan transistor, bukan saluran vakum seperti komputer pertama dahulu. Menyimpan data menggunakan teknologi magnet. Otomatis, biaya yang diperlukan untuk membelinya lebih murah. 

Berhenti di komputer tahun 1964 - 1980an), komputer ini menggunakan chip untuk menggantikan resistor. Komputer generasi ketiga memilikki pemrogaman bahasa yang lebih banyak.

 


Berlari ke era 1980an - 2000), komputer ini menggunakan chip, sekaligus memilikki banyak transistor. Bisa menghitung dengan lebih tepat.

 

Melaju ke era 1990 - 2005 (2000 - 2005 khusus untuk Indonesia), komputer berkembang menjadi komputer yang lebih kecil dan sederhana. Pasti banyak yang tahu tentang komputer zaman yang satu ini : 




Komputer yang sedang kita pakai selngkah lebih maju dibanding kompter di atas. Ini dia...


Sekian informasi tentang perkembangan teknologi komputer :D

Dari berbagai sumber


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © THE PEYOKNA - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -