Posted by : Unknown Senin, 20 Oktober 2014

Kita tentu sudah tahu, bahwa Indonesia kaya akan SDA. Secara langsung ataupun tak langsung, SDA Indonesia ini merupakan potensi yang harus dijaga, dikembangkan, dan diolah dengan cara yang baik dan benar.Jangan sampai peristiwa Freeport di Papua terjadi lagi. Apakah kalian tahu, begitu banyak sekali potensi yang dimiliki oleh Indonesia, dimana negara lain mungkin tak memilikinya.

Ayo, mari kita telusuri, apa saja potensi yang dimiliki oleh Indonesia ini :D

1. Perikanan dan Kelautan


Wilayah Indonesia lebih banyak lautnya dibanding daratannya, dan hal ini tentu saja membuat Indonesia kaya akan hasil laut. Perikanan di Indonesia pun tergolong baik. Indonesia juga memiliki ikan aslinya sendiri, seperti ikan arwana, gabus, bungu, sogili, bada, dan masih banyak lagi. Tak jarang, ikan - ikan tersebut mempunyai manfaat yang baik bagi ekonomi dan kesehatan. Hasil laut yang lain, seperti mutiara, terumbu karang, rumput laut  juga memiliki andil yang besar di dalam kelautan Indonesia, terutama mutiara Indonesia yang terkenal memiliki kualitas yang tinggi dan dikagumi oleh negara lain, sehingga mampu meraih keuntungan yang besar.

2. Kehutanan


Kehutanan Indonesia memiliki kualitas yang tinggi, terutama pada beberapa pohon, diantaranya jati dan mahoni. Kayu yang dihasilkan memiliki ketahanan yang kuat sehingga menjadi pilihan utama dalam pembuatan mebel dan perabotan kayu lainnya, seperti meja, kursi, dan sebagainya. Kayu pada pohon juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas dan tisu, yang kita pakai dalam kehidupan sehari - hari. Namun, sekarang hutan di Indonesia berkurang sangat drastis karena digantikan dengan perumahan dan industri. Hal ini juga berimbas pada jumlah oksigen di dunia. Maka mulai sekarang, kita harus tetap menjaga kekayaan alam yang satu ini dengan baik.

3. Pertanian dan Perkebunan


 Pertanian dan perkebunan merupakan salah satu potensi Indonesia yang perlu diatata dan diolah dengan baik. Dari sektor itulah, bahan pangan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari - hari dihasilkan. Tak lupa, bahan pangan pokok seperti padi, kentang, jagung, dan sagu pun berasal dari sini. Hasil pertanian dan perkebunan lainnya, digunakan sebagai pewarna dan penyedap makanan, bahan untuk bumbu, serta beragam kebutuhan lainnya.

4. Pariwisata


Pariwisata Indonesia mempunyai  keindahan yang mempesona dunia. Pariwisata Indonesia ada berbagai macam, diantaranya taman, pemandian air panas, museum, danau, pulau, hingga pantai. Tiap tempat wisata mempunyai hal - hal menarik yang dapat ditemui secara langsung. Biasanya, di sana pun terdapat makanan khas, pertunjukan, souvenir, dan masih banyak lagi. Tiap daerah mempunyai keunikannya masing - masing, yang membuat sektor yang satu ini selalu menarik dan membuat penasaran. Untuk mengetahui lebih lanjut, klik disini 

5. Industri


Pada zaman yang mulai modern ini, pasti semua tahu tentang hal ini. Industri bisa bermacam - macam. Ada industri gula, tekstil, tas dan lainnya. Industri bisa jadi merupakan sektor yang penting dalam perekonomian di Indonesia. Hasil penjualan yang didapat dari sektor industri tidak bisa dianggap enteng, sehingga banyak orang yang beralih ke sektor yang satu ini. Apalagi, zaman semakin maju, perindustrian pun perlahan akan menjadi sektor paling penting di dunia. Tapi perlu diingat juga, bahwa sektor kehutanan akan berkurang jika jumlahnya tidak dapat diseimbangkan dengan jumlah industri.

6. Pertambangan


Dan, inilah sektor pertambangan, sektor yang juga mempunyai pengaruh yang besar bagi Indonesia. Pertambangan diantaranya meliputi emas, tembaga, perak, minyak bumi, gas, batu bara, intan, berlian, dan masih banyak lagi. Emas dan perak digunakan untuk perhiasan dan beberapa alat. Tembaga digunakan untuk alat - alat tertentu. Minyak bumi digunakan untuk pengisian bahan bakar kendaraan bermotor. Gas digunakan untuk PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas). Batu bara digunakan untuk mengisi bahan bakar mesin. Dan intan dan berlian digunakan untuk perhiasan. Potensi ini harus kita jaga keseimbangannya, jangan sampai terjadi eksploitasi hasil tambang, sehingga menimbulkan kerugian, mengingat sebagian hasil pertambangan merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui. 

Oke, inilah potensi yang dimiliki oleh Indonesia. Namun, Bangsa Indonesia harus pandai - pandai mengatur potensi ini, agar suatu saat tidak terjadi permasalahan yang tak diinginkan. Sekian :D  

Dari berbagai sumber




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © THE PEYOKNA - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -