Posted by : Unknown Jumat, 17 Oktober 2014

Beberapa dari kita pasti sudah pernah nonton tayangan TV tentang hewan tertentu dan kehidupannya. Pasti tahu yang namanya zebra, koala, jaguar, dll. Tapi, kita bener - bener tahu nggak, hewan asli dari Indonesia sendiri itu apa saja? Kali ini admin akan membahas beberapa hewan asli Indonesia. Yuk lanngsung saja...

1. Ajag



Mungkin yang satu ini agak asing di telinga kita. Namun, apa kalian tahu, sebenarnya anjing - anjing kampung yang ada di Indonesia dikirim dari luar negeri. Ajag inilah salah satu dari beberapa anjing Indonesia asli. Ajag biasanya berkelompok, bisa dalam jumlah sedikit maupun banyak Jika melihat manusia, mereka cenderung menghindar daripada menyerang. Ajag merupakan hewan yang terancam punah. Mereka bekerja sama dalam memburu mangsa, seperti rusa dan banteng.

2. Maleo



Burung kurus yang satu ini tinggal di beberapa hutan tropis di Sulawesi. Uniknya, saat anak - anak burung Maleo ini menetas, mereka sudah langsung bisa terbang. Wah, hebat ya, nggak diajari langsung terbang... hehehe. Sayangnya, burung maleo ini terancam punah, karena hutan semakin berkurang dan telur burung Maleo yang terus diburu oleh manusia. Maleo mempunyai warna gelap, bagian perutnya berwarna putih, dan bagian dada yang berwarna merah muda.

3. Anoa




Anoa dapat dibedakan menjadi dua, yaitu anoa dataran rendah dan anoa pegunungan. Anoa adalah binatang asli Sulawesi, dan mirip kerbau. Anoa banyak dijumpai di hutan dan sabana. Sebagai hewan herbivora, anoa makan tumbuhan. Harus hati - hati nih... karena binatang ini agresif. Seperti gajah, mereka suka membasahi tubuh dengan lumpur. Dalam satu tahun, biasanya induk hanya melahirkan satu anak anoa saja. Dan bisa membayangkan, bahwa mereka dalam kondisi terancam punah.

4 Badak Jawa



Badak bercula satu ini dapat kita jumpai di Pulau Jawa. Walaupun disebut badak jawa, badak jenis ini sebenarnya dapat kita temui di luar Indonesia juga. Badak ini perlu kita perhatikan keberadaannya, karena badak jawa ini terancam punah, dan bisa dibilang jumlahnya sangat sedikit di dunia, apalagi yang masih hidup di alam bebas. Kalau ingin melihat secara langsung, badak yang satu ini dapat dijumpai di Taman Nasional Ujung Kulon, Indonesia.

5.Mentilin (Tarsius Bangka)



Hewan kecil yang satu ini biasa  disebut mentilin, dan merupakan hewan kebanggaan provinsi Bangka Belitung (identitas). Hewan ini memlikki mata kuning kecoklatan yang besar dan bulat, dan pupil hitam di tengahnya. Selain itu, Tarsius Bangka memilikki bulu yang merah kecoklatan sampai abu - abu kecoklatan, dan telinga yang kecil. Hewan ini juga dapat memanjat pohon. Jumlah hewan kecil ini mungkin jauh lebih banyak dibanding hewan - hewan yang disebutkan di atas, namun jangan salah, hewan ini juga perlu diperhatikan, karena saat ini termasuk dalam status rentan.

6. Elang Jawa



Mungkin binatang yang satu ini mirip dengan Garuda, simbol dari Pancasila. Ya, ternyata Elang Jawa merupakan hewan nasional Indonesia. Hewan ini membutuhkan perhatian yang lebih juga, karena sudah termasuk dalam status genting. Elang Jawa juga berperan penting dalam ekosistem. Perburuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab merupakan salah satu penyebab utama burung ini menjadi langka.

7. Jalak Bali



Burung putih nan cantik ini sudah termasuk hewan yang langka, kritis pula. Bagaimana tidak, burung ini memlikki bulu yang berkualitas dan cocok dijadikan sebagai hiasan. Tak sedikit orang yang sangat menyukai hiasan dari bulu burung Bali tersebut. Tak jarang, mereka menjadikan jalak bali sebagai burung peliharaan. Jika kita tidak pedulu dengan keberadaannya, jalak bali bisa punah.

Nah... ini deh, ulasan tentang Hewan Asli Indonesia. Admin rasa agak janggal, ya... Karena kalau diperhatikan, hewan - hewan endemik Indonesia yang menakjubkan ini hampir semuanya dalam status yang perlu diperhatikan, dan masih banyak hewan lainnya juga lho. Wah... kalau perburuan dan pemusnahan hutan terus dilakukan, apa jadinya hidup hewan - hewan ini?
Beberapa dari kita juga sudah melakukan berbagai upaya, bahkan mengabdikan hidupnya demi kelangsungan hidup hewan - hewan yang unik ini. Harapannya, semoga seluruh hewan, khususnya yang sudah langka, terus bertahan hidup. Karena hewan pun juga berhak mendapat kehidupan.

Dari berbagai sumber

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN UANG GAIB terima kasih.

    BalasHapus

- Copyright © THE PEYOKNA - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -